WeLearn

Saya Adnan yang suka berbagi informasi lowongan pekerjaan, pengalaman hidup, berbagi makanan orang lain (LOL), olahraga sambil bermain seperti sepedahan, joging, berenang, futsal, dan badminton. Pekerjaan yang saya lakoni sebagai web development mencakup web sketch, web design, web program, web testing, dll. Saya akan berbagi dan berdiskusi dengan teman-teman tentang banyak hal seperti pengalaman saya sebagai web development, pengalaman hidup & juga pengetahuan yang saya miliki.

Ranca Upas dikenal sebagai tempat penangkaran rusa dan ada cerita menarik tentang rusa-rusa ini !

Ranca Upas dikenal sebagai tempat penangkaran rusa dan ada cerita menarik tentang rusa-rusa ini !




Bandung adalah kota wisata yang selalu menjadi tujuan utama bagi sebagian besar wisatawan di dalam maupun luar negeri. Kesejukan kota ini pun menjadi lirikan manis warga ibukota untuk menikmati akhir pekan yang indah. Sebagai kota tujuan wisata, Bandung pun mempunyai berbagai macam kawasan yang memang layak untuk dikunjungi.

Seperti daerah lembang dan tangkuban perahu yang begitu mempesona. Apalagi, kawasan ciwidey yang dikenal dengan Kawah Putih. Tetapi, kali ini kita tidak akan pergi ke kawah putih, melainkan ke kawasan Ranca Upas atau juga disebut dengan Kampung Cai Ranca Upas yang berada di kawasan Bandung Selatan.

Mengenal Ranca Upas

Kawasan ini berada di atas ketinggian 1700 mdpl. Sehingga, berada di kawasan ini merupakan yang terindah dan yang terbaik dengan suhu dingin yang bisa mencapai 17 derajat. Atau dalam kondisi normal bisa mencapai 20 derajat. Sebuah suasana yang pasti mampu mengusir segala penat dan tuntutan pekerjaan serta kehidupan.

Selain memiliki suhu yang bisa juga menembus 0 derajat pada saat malam hari. Ranca Upas memiliki bumi perkemahan dengan luas kurang lebih 251 hektar. Terletak di area hutan lindung dan menjadi sebuah kawasan konservasi.

Asal-Usul

Nama Ranca Upas diambil dari bahasa Sunda yaitu, Ranca dan Upas. Ranca berarti Rawa. Dan Upas adalah seorang petugas perum perhutani yang namanya sudah terkenal dan melegenda di kawasan Gunung Patuha.

Lalu, siapa Upas? Dia adalah seorang pria berkebangsaan belanda yang memiliki tinggi 198 cm, memiliki tubuh kekar. Beliau meninggal saat menjalankan tugas yaitu mengeksplorasi daerah rawa, Konon katanya sampai saat ini jasadnya belum juga ditemukan Sobat.

Banyak yang bercerita, mereka pernah bertemu dengan Upas yang saat itu memakai topi koboi serta perlengkapan lengkap seorang petugas perhutani. Konon kabarnya, penampakan upas ini sering dilihat oleh Sobat lainnya lho.

Daya Tarik

Mari Kita tinggalkan penampakan upas yang sering mengajak bermain Sobat yang berkunjung ke sini. Mari kita bersenang-senang dengan berbagai macam wahana yang bisa dimanfaatkan. Wahana pertama yang mungkin bisa Sobat nikmati adalah kawasan smart camp ranca upas adventure. Dimana, kawasan ini adalah areal camping yang mampu menampung 10.000 orang. Sangat luas bukan. Camping di tempat ini begitu menyenangkan. Tetapi, jangan lupa akan perbekalan ya Sobat native. Karena, suhu disini begitu dingin.

Ranca Upas juga dikenal sebagai tempat penangkaran rusa. Ada cerita menarik tentang rusa-rusa ini. Dimana, rusa ini termasuk rusa yang pemalu. Jika, melihat Sobat mereka akan pergi. Tetapi, di antara para petugas yang ada, hanya ada satu orang juru kunci yang mampu memanggil rusa-rusa ini untuk makan. Keren bukan?

Disini, Sobat pun bisa memanfaatkan pemandian air panas dan waterboom yang bisa membuat tubuh ini menjadi rileks. Karena, air panas ini mengandung belerang yang memang mempunyai manfaat bagi kulit dan tubuh. Rasakan ketenangan dan keteduhan saat berendam di tempat ini.

Mau sesuatu yang menantang? Sobat bisa menikmati Fun Adventure. Banyak sekali kegiatan outbond yang bisa dilakukan oleh Sobat. Outbond yang berada di kawasan ini pun menjadi daya pikat dan disukai oleh Sobat yang lainnya. Dijamin, keseruan ini akan menjadi pengalaman yang menarik.

Sobat pun wajib untuk menikmati kawasan Fun Games. Kawasan ini, Sobat bisa bermain-main dengan perahu kayak, di kolam air dan berbagai macam games seru yang dijamin, Sobat enggan untuk move on.

Lokasi Ranca Upas tidak jauh dari tempat wisata populer lainnya di kawasan Ciwidey seperti Glamping Lakeside, Situ Patenggang, dan kawah Putih.

Rute dan Lokasi

Tempat ini berada di Jalan Ciwidey – Patengan Km 11, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 50 km menuju ke Bandung Selatan.

Jalur utama menuju ke kawasan ini adalah Jalur lintas Bandung menuju ke arah Soreang. Dari wilayah ini Sobat native bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Ciwidey. Jarak tempuh dengan kawasan Ciwidey menuju ke Ranca Upas kurang lebih 6 km, kurang lebih menempuh waktu 10 menit saja. Dengan kondisi jalan yang sudah sangat bersahabat.

Sekarang, akses ke kawasan Ciwidey bisa lebih cepat dengan adanya gerbang tol Soreang. Lumayan menghemat waktu, dan tidak perlu melewati kawasan bandung yang macet.

Sobat pun juga bisa menggunakan transportasi umum. Sobat yang menggunakan kereta api bisa turun di Stasiun Bandung. Kemudian, naik angkot menuju ke Terminal Leuwipanjang. Terminal ini menjadi titik poin menuju ke Ranca Upas. Dari Terminal Leuwipanjang Sobat bisa naik angkutan umum (elf atau bus kecil) menuju ke Terminal Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey, Sobat bisa menggunakan angkot menuju ke Ranca Upas.

Tidak ada jam operasional kawasan ini, Jadi, Sobat native bisa kapan pun berkunjung ke wilayah ini. Walaupun 24 jam, Sobat disarankan untuk berkunjung ke kawasan ini pada pagi hari. Karena, perjalanan menuju kawasan ini lumayan sepi kalau malam hari/

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk kawasan ini dipatok dengan biaya 15 ribu rupiah saja. Ditambah dengan biaya parkir 2 ribu rupiah untuk motor. Dan, biaya parkir mobil 5 ribu rupiah. Nah, bila Sobat ingin bermain di beberapa wahana yang disediakan, Sobat harus membayar lagi.

Berikut daftar harga dari, beberapa wahana yang ada di Ranca Upas:
Sepeda Gunung : Rp 10 ribu / Jam
Paintball : Rp 90 ribu
Jembatan Goyang : Rp 15 ribu
Fun Game : Rp 75 ribu
Burma V : Rp 15 Ribu
Elvis Bridge : Rp 15 Ribu
Flying Fox : Rp 15 Ribu
Bungee Trampoline : Rp 15 Ribu

Banyaknya kegiatan yang disediakan di kawasan ini membuat Sobat wajib untuk menginap dan mencari penginapan. Di sekitar Ranca Upas sudah berdiri sekitar kawasan ini berupa hotel atau juga home stay. Sobat bisa memilih dengan harga yang disesuaikan dengan fasilitas yang akan disajikan untuk Sobat.

Berkunjung ke Ranca Upas jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas ciwidey yaitu dodol strawberry. Sepanjang perjalanan Sobat akan melihat berbagai macam perkebunan Strawberry.

Biasanya, penduduk ciwidey mengolah sendiri buah ini sehingga menjadi dodol strawberry yang nikmat. Dengan olahan sendiri, membuat kualitas rasa makanan ini begitu nikmat. Selain itu, tidak ada bahan-bahan yang membahayakan, semuanya menggunakan bahan alami yang aman untuk dikonsumsi.

Harga dodol strawberry ini pun tidak mahal, hanya sekitar 10 ribu saja. Jangan lupa pula untuk menikmati minuman bandrek yang pasti mampu menghangatkan badan. Dodol dan Bandrek adalah oleh-oleh khas Ciwidey yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Ranca Upas Ciwidey, memang mempunyai berbagai macam mitos dan misteri yang mungkin menakutkan. Tetap, Ranca Upas tetaplah sebuah kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sobat bisa berkunjung ke tempat ini dan rasakan sendiri keseruan serta kebahagiaan yang ditawarkan.

Selamat Berlibur !



  • Artikel (bandung)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Ranca Upas dikenal sebagai tempat penangkaran rusa dan ada cerita menarik tentang rusa-rusa ini !
      Komentar(0)